Minggu, 04 Mei 2014

MEDIA MASSA

Media massa adalah suatu istilah yang mulai dipergunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat lua. Istilah media massa ini sering disingkat menjadi media.
A.    Jenis-jenis Media Massa
Secara tradisional jenis-jenis media massa adalah :
1.      Surat kabar
Surat kabar atau koran adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik seperti politik, olahraga, kriminalitas, dan lain-lain. Beberapa surat kabar harian misalnya Kompas, Suara Pembaharuan, Media Indonesia, Republika, Lombok Pos, dan lain-lain.
2.      Majalah
Majalah adalah penerbitan berkala yang berisi bermacam-macam artikel dalam isi yang bervariasi. Majalah biasanya diterbitkan mingguan, 2 mingguan, atau bulanan. Majalah biasanya memiliki artikel mengenai topik populer yang ditujukan kepada masyarakat umum dan ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang. Beberapa nama majalah yang terbit di Indonesia seperti Femina, Kartini, Tempo, dan lain-lain.
3.      Radio
Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal melalui gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat luar angkasa yang hampa udara. Contoh stasiun radio seperti RRI, Reper FM, Fresh FM, Hard Rock FM, dan lain-lain.
4.      Televisi
Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision, yang mempunyai arti masing-masing, yaitu jauh(tele) dan tampak(vision). Jadi television berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh. Stasiun TV nasional, misalnya TVRI, RCTI, SCTV, Indosiar, TRANS, dan sebagainya.
5.      Internet
Internet adalah singkatan dari International Networking, yang merupakan dua jaringan komputer hingga jutaan komputer di dunia. Internet ini dihubungkan oleh suatu protocol standart yang sama, yang disebut IP/TCP sehingga lalu lintas data di Internet dapat diatur.
6.      Handphone
Handphone adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon biasa, tapi dapat dibawa ke mana-mana (portable, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel, wireless). Selain berfungsi melakukan dan menerima panggilan telepon, handphone umunya  juga dapat mengirim dan menerima pesan singkat atau short message service (SMS).

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar